Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
. : Suka Dengan Blog Ini, Tekan [ CTRL+D ] : . . : Like This Blog, Press [ CTRL+D ]

Selasa, 03 Mei 2011

Bagaimana Membagi Sumber daya / Koneksi Internet kepada teman / client

Teman disini saya akan menjelaskan, bagaimana cara membagi koneksi Internet Dengan Teman menggunakan laptop atau computer Dekstop. Disini saya menggunakan windows XP untuk bahan uji cobanya, hehehehe. Sebelum kita akan membahas bagaimana mensharing internet sebelumnya saya akan menjelaskan beberapa macam koneksi jaringan.

Sebetulnya ada banyak macam koneksi jaringan 2 buah komputer. Menggunakan koneksi Peer to Peer (PtP) dengan menggunakan kabel UTP, ad hoc dengan menggunakan Wireless atau Bluetooth conection. Namun disini saya akan menjelaskan dengan menggunakan jaringan Peer to Peer, berikut penjelasannya. Check Is Out :


  1. Pertama yang kalian butuhkan adalah kabel UTP dan Jack RJ45 menggunakan Cross Over, bisa dibeli di toko komputer terdekat, harganya berkisar antara Rp 3000 per meter. Dan jangan lupa untuk minta di crimping dengan sambungan Cross Over untuk komputer ke komputer.

  1. Apabila kalian sudah memilikinya, maka tinggal menyambungkan ujung kabel ke Port pada komputer satu dan ujung lainnya pada komputer satunya. Setelah kedua kabel tersambung mana akan ada pesan pada pojok kanan bawah, “Local Area Connection”. Dan terdapat gambar dua buah komputer menyala seperti pada gambar di bawah ini.

  1. Setelah Local Area Network tersambung, pastikan Modem yang kita gunakan sudah dijalankan pada komputer yang akan membagi koneksi tesebut. Setelah itu setting Local Area Network dengan cara, Start >> Control Panel >> Network Connection >> Local Area Connection. Maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.


  1. Selanjutkan adalah tahap Instalasi Wizard. Pada dialog di atas pilih Tab Advanced >> Network Setup Wizard seperti pada gambar dibawah ini

  1. Setelah kotak dialog Network Setup Wizar Muncul maka tekan Next>.

  1. Setelah pernyataan “select the statement that the best describe this Computer”. maka pilihlah yang pertama yaitu “this computer connect directly to the internet. The other computer on my network connect to the internet through this computer”. Seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu pilih Next.

  1. Pilih koneksi internet yang akan kita share atau kita bagi. Karena disini saya menggunakan modem EVDO maka pilih EVDO lalu tekan Next. Seperti pada gambar dibawah ini.

  1. Lalu next terus sampai kita menentukan nama workgroup kita atau nama koneksi jaringan kita. Misalnya disini saya beri nama jaringan saya dengan nama saya yaitu “EGGA NETWORK”. Lalu next lagi.

  1. Setelah masuk pada pilihan “what do you want to do file and printer sharing ?”, pilih “Turn On” lalu next.

  1. Next terus sampai gambar komputer terbagi. Tunggu hingga selesai.

  1. langkah terkhir yaitu pilih “just finish the wizard”. Seperti pada gambar di bawah ini. Lalu klik next dan seletah itu klik Finish.

  1.  Apabila koneksi internet sudah suskses terbagi maka gambar modem kita akan berubah menjadi tangan dengan icon centang seperti pada gambar berikut ini.


Setelah koneksi internet kita berhasil kita share maka langkah selanjutnya adalah mencoba koneksi internet pada teman / client. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita. Thanks for read and comment my article.

1 komentar:

Jarang menang dalam permainan Poker?
jangan khwatir kawan mari join bersama kami di permainan Pokervita

Agent dengan Bonus harian & mingguan terbanyak
Mari join segera buktikan ke hokian anda bersama kami

Info hub
WA:0812 2222 996

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites